Journal of Information Technology (JIfoTech)
Vol 2 No 2 (2022): Journal of information Technology

Perancangan Pengelolaan Data Presensi Sidik Jari Berbasis Web dalam Dunia Pendidikan (Studi Kasus : Institut Shanti Bhuana)

Paulus Alfianus (Institut Shanti Bhuana)
Benecta Ina Purwanti (Institut Shanti Bhuana)
Noviyanti P (Institut Shanti Bhuana)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Saat ini kita lihat didalam proses belajar mengajar banyak sekali kampus yang masih menggunakan presensi secara manual, padahal saat ini dunia sudah sangat canggih kalau dilihat dalam perkembangan teknologinya. Permasalahan yang muncul adalah kenapa kampus-kampus tidak menggunakan presensi secara online, misalkan menggunakan fingerprint berbasis website atau yang biasa kita kenal dengan mesin sidik jari yang bertujuan mencegah kecurangan dalam presensi misalkan terjadi kecurangan dalam presensi kehadiran yang memanfaatkan teman sekelasnya. Dengan menerapkan fingerprint secara online itu akan sangat membantu dalam mencegah terjadinya kecurangan dalam presensi. Dengan adanya fingerprint juga dapat membantu menyelesaikan permasalahan, misalkan adanya mahasiswa yang datang maupun pulang pada jam yang ditetapkan, itu akan kelihatan waktu mahasiswa datang dan pulang. Tidak hanya itu saja, para dosen juga mudah dalam pengambilan data untuk merekap kehadiran mahasiswa. Dan dengan menerapkan presensi kehadiran menggunakan fingerprint ini dapat mempermudah para dosen dalam merekap kehadiran dari setiap mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jifotech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information Technology (JIfoTech) contains research articles in the scope of information technology, in the form of Internet of Things (IoT), web technology, databases, artificial intelligence, business intelligence, security and network infrastructure, human and computer interaction ...