SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 4, No 1 (2022)

Tingkat Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Sanata Dharma)

Monica Bianca Damarkos (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Univeristas Sanata Dharma)
Yohanes Heri Widodo (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Univeristas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (2) Mengetahui butir item yang dapat dipakai untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa yang terindikasi rendah yang dapat diusulkan sebagai topik bimbingan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 sebanyak 80 mahasiswa. Pengumpulan dan data menggunakan skala pengelolaan emosi dengan item 29 yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0.885. Kuesioner disusun berdasarkan 4 aspek kemampuan mengelola emosi yaitu (1) Kemampuan mengatur emosi positif maupun emosi negatif dengan baik, (2) Kemampuan menyadari emosi, mengendalikan emosi secara sadar dan otomatis, dan (3) Kemampuan menguasai tekanan akibat dari masalah yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan jenjang sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan mengelola emosi pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 diperoleh 33 (41%) masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan skor item capaian pengukuran kemampuan mengelola emosi mahasiswa, terdapat 1 item yang terindikasi rendah. 1 item ini akan digunakan sebagai usulan topik bimbingan untuk meningkatkan mengelola emosi mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...