Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KLS VIIIC MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Hartini (Sekolah Menengah Pertama 11 Bengkalis)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran IPA SMPN 11 Bengkalis melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada bulan pada bulan Oktober sampai Desember di SMPN 11 Bengkalis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMPN 11 Bengkalis, dengan jumlah peserta didik 25 orang yang terdiri dari 12 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki-laki. Pada penelitian ini indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar dari setiap pertemuan pada masing masing siklus. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif terhadap peningkatan dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar pada daya serap sebelum PTK sebesar 45% ke Siklus I menjadi sebesar 64,03% terjadi peningkatan sebesar 19,03% dan pada siklus II daya serap sebesar 71,91% terjadi peningkatan sebesar 7,88% sedangkan perbandingan sebelum PTK dan Setelah PTK Siklus II peningkatan sebesar 26,91%. Pada ketuntasan individu sebelum PTK sebesar 23 % ke siklus I menjadi sebesar 52% terjadi peningkatan sebesar 29% dan pada siklus II ketuntasan individu sebesar 72% terjadi peningkatan sebesar 20%, sedangkan perbandingan sebelum PTK dan setelah PTK siklus II terjadi peningkatan sebesar 49%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIIIC SMPN 11 Bengkalis mengalami peningkatan setelah diterapkan model discovery learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...