Automata
Vol. 3 No. 2 (2022)

Pemanfaatan Chatbot Berbasis Dialogflow dan Google Sheet Api untuk Penyimpanan Laporan Komplain Konsumen Toko Online

IBNU AHMAD KAMAL (a:1:{s:5:"en_US"
s:27:"Universitas Islam Indonesia"
})

ANDHIK BUDI CAHYONO (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2022

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor terpenting dalam proses bisnis online karena dapat mempengaruhi omzet yang didapatkan sebuah toko online. Peningkatan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menciptakan pelayanan komplain yang baik. Saat ini pelayanan komplain toko online hanya sebatas mengajukan komplain dan menunggu respon dari penjual sehingga dibutuhkan sistem yang dapat berinteraksi dan melakukan pengumpulan data komplain secara real-time. Bot atau chatbot merupakan sebuah teknologi Intelegensia buatan yang dapat memberikan respon berdasarkan input yang diberikan, penggunaan chatbot dapat membantu melakukan interaksi percakapan secara otomatis antar penjual dan customer. chatbot dapat digunakan untuk mengumpulkan data komplain dan menyimpanya ke Google Sheet menggunakan Sheet API. dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan komplain toko online maka diperlukan sebuah chatbot yang dibangun menggunakan Dialogflow dan memiliki wenhook eksternal untuk menyimpan data pada Google Sheet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...