Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis

Getari Ratna Pertiwi (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Yanti Mulyanti (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Pujia Siti Balkist (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang harus dimiliki peserta didik. Dalam belajar matematika peserta didik sering kali mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang masing-masing diambil dari hasil angket disposisi matematis pada kategori tinggi, sedang, dan rendah Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. hasil penelitian ini, yaitu: 1) siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, 2) siswa yang memiliki disposisi matematis sedang berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, 3) siswa yang memiliki disposisi matematis rendah berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...