Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Induktif Selama Masa Pandemi Covid-19

Aisyah Aisyah (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Rahmawati Rahmawati (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Hunaeda Hunaeda (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Rezky Rianti (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Sari Sari (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah pendekatan induktif. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan induktif selama masa pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini dilibatkan MA Darussalam Barandasi Maros yang pembelajarannya berlangsung secara tatap muka dengan enam rombongan belajar pada tahun ajaran dimana penelitian dilaksanakan. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji tes, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pada tes kemampuan awal (pretest) nilai tertinggi dan terendah sebesar 40 dan 10. Sedangkan pada tes setelah di beri perlakuan (posttest) nilai tertinggi dan terendah sebesar 93 dan 81. Dari hasil lembar pengamatan aktivitas siswa yang diisi setiap pertemuan maka diperoleh persentase aktivitas positif siswa melalui pendekatan induktif adalah 84,75%, sehingga aktivitas siswa dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria aktivitas siswa secara klasikal yaitu ≥ 70% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengarahkan dan membimbing siswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik, dapat memberikan manfaat dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran matematika dan kualitas dari siswa dan sekolah, serta memberikan sumbangsih positif pada dunia pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...