Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Pengaruh Metode Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Makassar

Syamsuriyawati Syamsuriyawati (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Khaerani Khaerani (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)
Dedy Setyawan (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar, dengan pengambilan sampel secara random. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yakni post-test berupa 5 soal esai yang telah divalidasi oleh ahli. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sampel independen sebagai uji hipotesis. Hasil analisis berdasarkan uji t sampel independen, diperoleh nilai 0,005 < ½α (0,005 < 0,025) dengan nilai thitung > ttabel yaitu (2,909 > 1,674) yang menunjukkan adanya perbedaan dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...