Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM)
Vol 11, No 1 (2022): Kinerja dan Bisnis

Analisis Reaksi Pasar Modal Terhadap Penerapan Kebijakan Buyback Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Rizki Putri Mayangsari (Fakultas ekonomi universitas malahayati)
Erna Listyaningsih (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati)
Wiewiek Indriani (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Malahayati)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar terhadap penerapan kebijakan buyback yang diproyeksikan melalui perbedaan Abnormal Return dan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah pengumuman buyback. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang merealisasikan kebijakan buyback saham. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain one sample t-test, paired sample t-test dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan buyback  berpengaruh terhadap abnormal return dan trading volume activity yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah diumumkannya buyback oleh perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risetekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini memuat hasil riset dosen-dosen dari program studi akuntansi ; meliputi akuntansi keuangan , akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik dan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dilingkungan FE unimal maupun dari luar FE Unmal FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ...