Islamic Management and Empowerment Journal
Vol 4, No 1 (2022): Islamic Management and Empowerment Journal

Manajemen Pemberdayaan Masyarakat oleh Dompet Dhuafa (Studi Kasus Pengrajin Rotan di Desa Leuwilaja, Kabupaten Majalengka)

Hasyby Ash Shiddiq (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Nurlaili Khikmawati (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Pemberdayaan merupakan usaha terencana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui agen pemberdayaan seperti Dompet Dhuafa.  Dompet Dhuafa memiliki salah satu program pemberdayan di Desa Leuwilaja Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa di Desa Leuwilaja Kabupaten Majalengka, beserta manajemen dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa mengawali program pemberdayaan masyarakat di Desa Leuwilaja Kabupaten Majalengka melalui pelatihan menganyam rotan dan memberikan bantuan berupa bahan baku (rotan mentah). Pemberdayaan masyarakat di Desa Leuwilaja dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monev. Dalam pelaksanaannya, program pemberdayaan ini memiliki beberpa hambatan yaitu harga bahan baku yang tinggi, kurangnya minat generasi muda pada kegiatan menganyam dan kondisi new normal saat covid 19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imej

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Islamic Management and Empowerment Journal with registered number ISSN 2685-953X (Print) and ISSN 2686-0317 (online) focuses on the discussion of Management and Empowerment research. Method can using quantitative or qualitative research methods. This journal is a media to accommodate the result of ...