Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 4 (2022): September 2022

Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran“Kolb” pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Arrahman Patimpeng

Rahmahsinar Amin (Universitas Megarezky Makassar)
Mansyur S (Universitas Megarezky Makassar)
Safaruddin (Universitas Megarezky Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas XI MA Arrahman Patimpeng dengan menggunakan model pembelajaran Kolb, dengan subjek  penelitian pada kelas XI Madrasah Aliyah Arrahman Patimpeng Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 23 orang. Instrumen Penelitan yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Penerapan model pembelajaran Kolb secara bertahap dari hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 60,65 dengan persentasi 60,87% dan Siklus II nilai rata-rata hasil belajar adalah 75,22 dengan  persentasi 86,96%. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kolb, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model kolb dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...