Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yang ditemui oleh peneliti di SMP Swasta Kristen Agios Nikolaos. Masalah yang ditemukan yaitu pembelajaran matematika berpusat pada guru dan kurangnya sumber belajar yang digunakan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat validitas, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan LKPD berbasis cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli desain, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian tingkat validasi materi LKPD berbasis cerita bergambar persentase rata-rata sebesar 90,67% dengan kriteria sangat valid, validasi bahasa persentase rata-rata sebesar 88,88% dengan kriteria sangat valid, validasi desain persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,46% dengan kriteria sangat praktis dan tingkat keefektifan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,38% dengan kriteria efektif.
Copyrights © 2022