Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 5 (2022): October 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Gunungsitoli

Seya Setia Zega (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)
Sadiana Lase (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)
Ratna Natalia Mendrofa (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP dengan populasi 6 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-B dan siswa kelas VIII-D yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental design), dan instrumen penelitian berbentuk uraian tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu thitung = 74,8 dan ttabel = 1,99.  Karena thitung = 74,8 > ttabel = 1,99, maka tolak H0 dan terima H1, yang berarti: “Ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...