Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 5 (2022): October 2022

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lotu

Susi Sabar Menanti Harefa (Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)
Agnes Renostini Harefa (Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)
Sadiana Lase (Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi yang dijelaskan guru, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, belum menyediakan bahan ajar penunjang yang bisa dipelajari peserta didik di rumah secara mandiri, seperti penggunaan video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning pada materi dimensi tiga yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model plomp. Proses pengembangan dengan menggunakan model Plomp terdiri atas tiga tahapan. yaitu preliminary research,  prototyping phase, assessment phase. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, video pembelajaran yang dikembangkan telah teruji sangat valid oleh validator ahli materi rata-rata sebesar 91,5%, persentase validasi bahasa sebesar 100% dan persentase validasi media sebesar 95%. Selanjutnya, video juga mendapatkan kriteria sangat praktis dan layak digunakan dengan hasil angket respon siswa sebesar 93% dan dengan hasil angket respon guru sebesar 94%. Kemudian, video juga sangat efektif digunakan dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Dari hasil penelitian di atas, maka video pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis Discovery Learning telah memenuhi tujuan penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...