Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2022): RANGE Juli 2022

Deskripsi Kemampuan Pembuktian Langsung Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Variabel Riil

Fitriani Fitriani (Universitas Timor)
Meiva Marthaulina Lestari Siahaan (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dari kemampuan mahasiswa dalam membuktikan suatu pernyataan matematika pada mahasiswa yang memprogramkan matakuliah analisis variabel riil. Kemampuan pembuktian langsung menjadi kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk lulus pada matakuliah analisis variabel riil. Mahasiswa diberikan instrumen berupa soal pembuktian matematis dengan beberapa alternatif jawaban pembuktian. Jawaban mahasiswa direduksi dengan mengelompokkan jawaban pembuktian langsung yang sejenis. Selanjutnya dipilih mahasiswa untuk diwawancarai berdasarkan perwakilan masing-masing kelompok jawaban tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak mengetahui langkah awal atau pernyataan awal yang digunakan untuk menyusun argumen pembuktian langsung. Namun, ada pula mahasiswa yang sudah dapat menyusun argumen pembuktian dengan baik dan disertai penjelasan untuk setiap argumen yang dituliskan. Hasil penelitian ini juga berguna sebagai bahan refleksi bagi penulis khususnya dalam proses pembelajaran pada matakuliah analisis variable riil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...