Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol. 4 No. 1 (2022): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022

Optimalisasi Virtual Lab Dan Google Collaboratory Untuk Pembelajaran Daring Bersama Berbasis Collaborative Project Based Learning

Kesumawati Ayundyah (Universitas Islam Indonesia)
Mifrahi Mustika Noor (Universitas Islam Indonesia)
Primandari Arum Handini (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Metode pembelajaran tardisional saat ini dirasa memiliki banyak kekurangan bagi pembelajaran mandiri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan proses pembelajaran dengan pendekatan PjBL kolaboratif. Proyek diberikan kepada mahasiswa dari dua prodi berbeda yaitu program studi Statistik dan Ilmu Ekonomi dimana isu yang diberikan mengenai isu ekonomi dengan pendekatan statistik. Observasi dilakukan pada dua kelas dengan total jumlah mahasiswa sebanyak 105. Hasil penerapan PjBL kolaboratif menunjukkan terdapat peningkatan perolehan capaian CPMK saat mahasiswa melakukan kegiatan PjBL kolaboratif yang diarahkan oleh dosen, daripada kolaboratif mandiri. Ketercapaian CPMK dengan menggunakan PjBL kolaboratif mencapai 100%. Selian itu, mayoritas mahasiswa (62.5%) kegiatan PjBL kolaboratif lintas prodi ini dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini mendukung adanya penerapan kegiatan PjBL kolaboratif untuk diterapkan pada mata kuliah lintas prodi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...