JURNAL KOULUTUS
Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL KOULUTUS

PENGARUH RESPON TENTANG VIDEO PEMBELAJARAN YANG DIINTEGRASIKAN PADA PENERAPAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS Xl IPA SMA NEGERI 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Mariana B. Ramen (Unknown)
Yanti Rosinda Tinenti (Universitas Katolik Widya Madira)
Maria Aloisia Uron Leba (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh respon tentang video pembelajaran yang diintegrasikan pada penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 5 Kupang tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan untuk menjawab tujuan umum ini, maka terdapat beberapa tujuan khusus yakni untuk mengetahui validitas video pembelajaran, ketuntasan hasil belajar peserta didik, respon peserta didik tentang video pembelajaran, hubungan respon terhadap hasil belajar peserta didik, dan pengaruh respon terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian adalah one –Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitati. Dimana data-data kuatitatif yang diperoleh untuk hasil belajar, respon, dan validitas kemudian di olah dan dideskripsikan. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan dan pengaruh yakni koefisien korelasi product moment dan statistic regresi sederhana. Hasil penelitian yakni (1) Media video pembelaran dinyatakan sangat baik dengan persentasi validitas sebesar 80,5 (2) Hasil belajar peserta didik dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai 86,03, (3) Respon peserta didik berada pada kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 88,19%. (5) ada hubungan respon terhadap hasil belajar dengan nilai kofisien korelasi sebesar 0,48.(6) Ada pengaruh yang signifikan antara respon terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel atau 29,00 > 4,18, serta besarnya sumbangan variable x terhadap variable y yang ditunjukkan dengan persamaan regresi sederhana = 52,219+ 0,382x.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...