Journal of Sport Coaching and Physical Education
Vol 7 No 1 (2022): The Inspiring Role for Better Sport Coaching

Strategi Pembelajaran Melalui Video Interaktif pada Masa Pandemi terhadap Peningkatan Minat Belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya

Subekti, Nuriska (Unknown)
Mulyadi, Agus (Unknown)
Saputra, Yuyus (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran melalui video interaktif pada masa pandemi terhadap peningkatan minat belajar PJOK di SMA Negeri 1 Cineam Kab. Tasikmalaya. Target yang dicapai untuk dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan memfasilitasi, mendorong, meningkatkan minat belajar PJOK di masa pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Nederi 1 Cineam Kab. Tasikmalaya dengan jumlah populasi 184 orang. Sampel dalam peneltian ini adalah siswa siswi kelas X IPA (X IPA-1, X IPA-2, X IPA-3) dengan Jumlah 89 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data tentang minat belajar melalui pemberian angket Skala Likert yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t tes, pada variabel minat belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, nilai tersebut dibawah nilai aplha (0,00 < 0,05), artinya video interaktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar PJOK. Strategi pembelajaran melalui video interaktif menghemat waktu belajar. Selain itu, penggunaan video sebagai media pembelajaran bersifat fleksibel dalam arti siswa dapat menonton video kapan saja, di mana saja. Bahkan dapat memutar video Kembali jika siswa tidak mengerti

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jscpe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Sport Coaching and Physical Education publishes research that reports educational practices in all appropriate contexts including, but not limited to, school physical education, club sport, and active leisure programs. The journal considers papers that discuss a broad range of physical ...