Membaca al-Quran bagi anak-anak dirasakan mudah untuk dikembangkan karena daya tangkap terhadap materi cepat. Namun akan berbeda jika pembelajaran baca al-Quran kepada orang yang sudah berumur. Tulisan ini merupakan hasil dari pengabdian yang dilakukan pada jamaah Babul Jannah Gampong Tualang Teungoh Kota Langsa. Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk menganalisis kemampuan ibu-ibu jamaah Babul Jannah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran dengan baik dan benar. Participatory Action Research (PAR) menjadi metode dalam melakukan penelitian ini, karena dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam kegiatan. Sumber data dihasilkan dari wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa dalam jangka waktu empat bulan dengan menggunakan metode Qiraati mampu meningkatkan kemampuan para ibu jamaah Babul Jannah dalam membaca al-Quran dengan baik dan benar. Metode Qiraati yang digunakan memiliki beberapa tahap; pertama, ustadz membaca dan menjelaskan hukum bacaan; kedua, jamaah mengulang bacaan yang telah diajarkan oleh ustadz; ketiga, koreksi bacaan oleh ustadz. Para jamaah terlihat antusias mengikuti pembelajaran al-Quran dengan metode Qiraati dan mereka sangat suka dengan metode yang diterapkan karena dalam jangka waktu empat bulan mampu meningkatkan kualitas bacaan para jamaah.
Copyrights © 2022