CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 6 No 1 (2022): JULI

DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN

Randika Fandiyanto (Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Tyas Nuril Chofijah (Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Siti Soeliha (Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Pemasaran adalah sistem total kegiatan bisnis yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Setiap kegiatan baik yang bergerak dibidang kuliner, pendidikan, perkantoran dan lain sebagainya membutuhkan jasa percetakan. Jasa percetakan saat ini dituntut untuk menyediakan kebutuhan lain yang mendukung perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Rava Printing adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa dengan menyediakan kebutuhan alat tulis kantor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh diversifikasi produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rava Printing. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan quota sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. loyalitas, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...