Promosi sebagai satu dari empat unsur utama dalam menciptakan bauran pemasaran berperan penting agar hasil produksi dikenal bahkan dibeli oleh konsumen. Dengan adanya perkembangan teknologi, strategi pemasaranpun kini mulai mengalami pergeseran dari konvensional menjadi pemasaran melalui internet. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan pelaku usaha khususnya usaha mikro yang belum mampu memasarkan produknya melalui internet. Salah satunya adalah mitra dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, yaitu usaha bihun ubi kayu di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Pemasaran belum dilakukan secara langsung oleh pemilik usaha, melainkan hanya bergantung pada agen terbatas yang mendatangi dan membeli langsung bihun ke rumah produksi. Sebagai solusi bagi mitra sekaligus dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka membangun perekonomian daerah, kegiatan ini telah menghasilkan media promosi berbasis web yang gratis yaitu e-umkm. Dengan adanya media tersebut, pemilik usaha bihun ubi kayu bahkan pemilik usaha lainnya yang datanya telah terdaftar dapat memasarkan produknya sendiri secara luas.
Copyrights © 2022