MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pembuktian Teorema Grup

Oktaviana Kolo Kiik (Universitas Timor)
Oktovianus Mamoh (Universitas Timor)
Stanislaus Amsikan (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa semester III prodi pendidikan matematika Unimor dalam menyelesaikan pembuktian teorema grup serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa semester III prodi pendidikan matematika Unimor dalam menyelesaikan pembuktian teorema grup. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dosen pengampuh mata kuliah struktur aljabar 1 dan mahasiswa semester III Program Studi pendidikan matematika Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu lembar jawaban mahasiswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih sulit dalam membaca bukti atau menunjukkan kebenaran suatu pernyataan yaitu mahasiswa tidak menuliskankan kembali teoema esuai pernyataan, mahasiswa tidak mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal teorema grup serta masih sulit untuk mengkonstruksi bukti yaitu sulit menentukan awal atau permulaan dari suatu pembuktian, sulit menerapkan defenisi, sifat maupun teorema dan sulit menentukan langkah-langkah pembuktian yang benar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...