Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship
Vol 3, No 1 (2022): JUNI 2022

Peran Inovasi, Kolaborasi dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di DKI Jakarta

Lily Deviastri (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas YARSI)
Intan Tri Annisa (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas YARSI)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Merujuk pada teori Resource Based View, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja usaha pada UKM di wilayah DKI Jakarta yang mengalami penurunan penjualan. Penelitian iniĀ  dianalisa dengan metode regresi linier berganda. Sampel yang dugunakan adalah UKM binaan Dinas PPAPP DKI Jakarta sebanyak 72 responden dengan non probability sampling metode purposive sampling. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari tiga variabel yang diangkat, yaitu inovasi, kolaborasi dan media sosial, variabel inovasi satu-satunya yang memiliki perngaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. Sehingga UKM perlu untuk mulai membiasakan diri mengelola system informasi secara inovatif di dalam organisasinya, tidak boleh takut berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, dan senantiasa meningkatkan komunikasi yang informatif di sosial media.Abstrak berupa ringkasan/sari artikel ilmiah yang terdiri dari tujuan, fenomena masalah, data dan metode, temuan/hasil analisis, konklusi dan implikasi manajerial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jobs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JOBS adalah Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship secara periodik yaitu dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI. JOBS memuat hasil riset baik berupa penelitian terapan, konsep, ataupun deskriptif. Artikel yang dimuat merupakan hasil ...