Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi
Vol. 1 No. 3 (2022): Agustus 2022

Pemanfaatan Youtube untuk Pembelajaran Asinkronus Matematika Dasar di Tingkat Perguruan Tinggi dengan Referensi Kalkulus Jilid 2

Regina Ayunita Tarigan (Institut Teknologi Del)
Junita Amalia (Institut Teknologi Del)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Merebaknya pandemi Covid-19 menyebabkan terbatasnya ruang gerak di segala aspek. Pembatasan ini menyebabkan banyak perkuliahan harus dilaksanakan secara online. Dalam prakteknya, hal ini menyebabkan kesulitan dikarenakan mahasiswa tidak selalu bisa mengakses kelas online karena satu atau dua hal teknis dan semacamnya. Beranjak dari hal tersebut, penulis tergugah untuk membantu banyak mahasiswa khususnya pada tingkat pertama untuk dapat mengakses pembelajaran dengan lebih mudah. Penggunaan platform youtube sudah sejak lama dimanfaatkan untuk berbagi hiburan, berita, dan banyak informasi lainnya. Demikian pula untuk keperluan pendidikan, terdapat banyak sumber pengajaran yang dapat dimanfaatkan, baik dari dalam maupun luar negeri. Penulis mengambil materi pembelajaran untuk kuliah Matematika Dasar, terkhusus dari referensi Buku Kalkulus Jilid 2 yang ditulis oleh Varberg, Purcell dan Rigdon. Materi tersebut kemudian disusun ke dalam video pembahasan yang dapat diakses kapanpun, di mana pun dan oleh siapapun. Konsep pembelajaran asinkronus sejalan dengan pandangan konstruktivisme yang menekankan bahwa seorang pembelajar dituntut untuk bisa mengkonstruksi ide baru dari ide yang sudah ada. Oleh karena itulah subjek dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mahasiswa yang sebelumnya tentu sudah memiliki konsepsi konkret yang baik dan tinggal meneruskannya pada konsepsi abstrak sesuai dengan tuntutan di tingkat universitas. Kata Kunci: asinkronus, kalkulus, video

Copyrights © 2022