JURNAL PERBENIHAN TANAMAN HUTAN
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan

APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH BUAH-BUAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN GAHARU (AQUILARIA MALACCENSIS)

Cindy Melky Utami (Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Riau Kampus Bina Widya Km.12,5 Simpang Baru, Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia)
M. Mardhiansyah (Unknown)
Viny Volcherina Darlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Buah-buahan merupakan salah satu produk tanaman hortikultura yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang matang tidak dapat disimpan terlalu lama karena tingkat kematangan buah akan semakin bertambah dan membusuk. Buah yang busuk akan menjadi limbah dan dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair. Pupuk organik cair ini dapat diaplikasikan ke semua jenis tanaman kehutanan, salah satunya adalah gaharu (Aquilaria malaccensis). Gaharu merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu berupa resin yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan konsentrasi pupuk organik cair yang paling efektif untuk memacu pertumbuhan tanaman gaharu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen rancangan acak lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu kontrol, konsentrasi 10%, 20% dan 30%. Parameter yang diamati adalah persentase hidup, pertambahan tinggi dan rasio tajuk akar. Hasil penelitian menunjukkan pupuk organik cair limbah buah-buahan berpengaruh nyata untuk memacu pertumbuhan tanaman gaharu pada parameter persentase hidup, pertambahan tinggi dan rasio tajuk akar. Konsentrasi pupuk organik cair yang paling efektif adalah konsentrasi 10% (Perlakuan P1) dengan persentase hidup semai sebesar 80%, pertambahan tinggi 1,68 cm, dan rasio tajuk akar sebesar 3,32.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BPTPTH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Earth & Planetary Sciences

Description

Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan is the official scientific publications from Forest Tree Seed Technology Research & Development Center (FTSTRDC). The journal publishes research findings at different aspect of forest tree seeds, include: seed sources development and management, reproductive biology, ...