Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Eka Rosdianwinata (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mathla’ul Anwar)
Putri Tri Aprilianti (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mathla’ul Anwar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada saat proses pembelajaran matematika ditemukan kurangnya minat belajar dan kepercayaan diri siswa, sehingga hasil belajar mereka terbilang rendah dan tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan minat belajar matematika dan kepercayaan diri siswa dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Askep Smk Budi Utama Panimbang sebanyak 22 siswa, dengan mengambil 6 subjek untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar matematika siswa dalam kategori berminat yaitu 73,57%, sedangkan untuk kepercayaan diri siswa dalam kategori tinggi yaitu 70,14%. Dengan meningkatnya minat belajar dan kepercayaan diri siswa membuat hasil belajar  siswa menjadi lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pre-test dan posttest siswa dengan peningkatan sebesar 24,01%. Siswa pun merasa senang dengan pendekatan yang digunakan, karena siswa beranggapan dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru. Semakin tinggi minat belajar dan kepercayaan diri siswa, hasil belajar yang didapatkannya pun lebih baik. Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan minat belajar matematika dan kepercayaan diri siswa serta hasil belajar siswa yang baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...