Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 19, No 1 (2022): JMK EDISI JUNI 2022

ANALISIS KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA BERDASARKAN MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP KONSUMEN

Idham Maulana Oktora (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Yoyo Indah Gunawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Cecep Cecep (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda pada 100 responden yang sudah berstatus sebagai mahasiswa Program Studi Manajemen di STIE IPWIJA. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 16. Teknik yang digunakan untuk mencari sampel adalah insidental sampling, dan  data penelitian yang diuji meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian menggunakan uji f. Hasil penelitian bahwa variabel motivasi tidak ada pengaruh sedangkan variabel persepsi dan sikap konsumen ada pengaruh terhadap keputusan untuk menjadi mahasiswa baru pada Program Studi Sarjana Manajemen STIE IPWIJA. Kata kunci: keputusan, motivasi, persepsi, sikap konsumen ABSTRACT This study aims to examine and analyze the influence of consumer motivation, perception, and attitude on the decision to become a student of the STIE IPWIJA Bachelor of Management Program. The data collection method used a questionnaire and the analysis technique used was multiple linear regression on 100 respondents who were already students of the STIE IPWIJA Management Undergraduate Program. Data analysis in this study used SPSS version 16. The sampling technique used was incidental sampling and data testing techniques used in this study included validity testing with correlation between scores, reliability testing with Cronbach alpha, classical assumption test, and multiple linear regression analysis, to test and prove the research hypothesis. The results showed that the motivational variables, perception variables and consumer attitudes influenced the decision to become a student of the STIE IPWIJA Management Undergraduate Program. Keywords: consumer attitude, decision, motivation, perception

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...