Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu
Vol 3, No 2 (2022)

PRODUKSI KONTEN MEDIA BARU TVRI BALI DALAM PROMOSI PARIWISATA

I Gusti Ngurah Aan Darmawan (Prodi Pariwisata Budaya & Keagamaan - STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

LPP TVRI Stasiun Bali menghadirkan konten layanan media baru dalam menghadapi era konvergensi. Konten yang dipublikasikan tidak saja promosi acara televisi, namun juga informasi, edukasi dan hiburan termasuk promosi pariwisata Bali. Konten promosi pariwisata juga menjadi bagian keterlibatan dari LPP TVRI Stasiun Bali dalam memulihkan pariwisata Bali setelah terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawacara, kajian pustaka serta dokumen yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten audiovisual yang diproduksi oleh Unit Konten Layanan Media Baru LPP TVRI Stasiun Bali, juga memasukkan tema pariwisata dan memiliki segmen khusus bernama Amazing Indonesia. Produksi konten audiovisual dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Konten audiovisual dipublikasi ke media sosial yang dimiliki LPP TVRI Stasiun Bali, terutama pada platform Instagram dan Youtube.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cultoure

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal CULTOURE: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu yang menitik beratkan publikasi pada : 1. bidang pariwisata 2. bidang ...