Penelitian/inixbertujuan/untuk mengetahu/pengaruhxmodelxpembelajaran problem\based/learning berbantuan/ e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif.xSubjek/dalam\penelitian\ini/adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Samarinda dengan jumlahLsampel sebanyak[30/siswa/pada[kelasLVIII C sebagainLkelas eksperimenXdan/30\siswa pada kelas\VIII/D sebagai/kelas/kontrol. Pengumpulan data\menggunakanxteknik tes berupa 10 butir soal essai untuk mengetahui\hasilxbelajar/siswa yaitu-berupa/pre-test dan post-test./Hasil penelitian menunjukkan bahwa\terdapat pengaruhXpenggunaanLmodel\problem/based/learning berbantuan e-learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari selisih rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 71,17 dan kelas kontrol 58,37 dengan perbedaan pengaruh yang signifikan dengan nilai-t hitung 3,951 dan probabilitas sig. 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022