Jurnal e-Komunikasi
Vol 10, No 2 (2022): VOL 10, NO 2 SEPTEMBER 2022

Brand Personality pada Konten Iklan Meta Inc. versi “The Metaverse and How We’ll Build it Together”

Regina Sydney Rosalind (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Astri Yogatama (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Daniel Budiana (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Meta company, yang sebelumnya bernama Facebook, meluncurkan produk teknologi baru yang dinamai Horizon Worlds dan Horizon Workrooms. Sebagai produk baru, perusahaan membutuhkan aktivitas komunikasi pemasaran untuk menjual produknya. Salah satu strategi yang digunakan adalah menggunakan kampanye periklanan dengan media video sebagai alat untuk memperkenalkan produk baru. Video juga menjadi sarana bagi sebuah merek untuk menampilkan brand personality perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan 5 (lima) dimensi brand personality dari Aaker (1997), yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness sebagai objek penelitian, dari Metaverse versi Meta melalui video iklan “The Metaverse and How We’ll Build it Together” sebagai subjek penelitian. Unit analisis yang digunakan adalah 13 chapters dari video tersebut yang diunggah di YouTube. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, 4 (empat) dimensi brand personality Metaverse versi Meta ditemukan, yaitu sincerity, excitement, competence, dan ruggedness. Video iklan Meta menggunakan cara penyampaian storytelling agar dapat menyentuh perasaan publik dan lebih menerima pesan komunikator. Hasil penelitian ini memperlihatkan Metaverse versi Meta menggunakan brand personality untuk menjalankan fungsi Marketing Public Relations dalam meningkatkan penjualan produk, melalui dikenali oleh publik dengan mengeluarkan persona brand agar pesannya diterima, serta membangun keterikatan emosional dengan publik yang akhirnya membangun kepercayaan pada brand.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...