Jurnal Dedikasi
Vol 24, No 2 (2022): Jurnal Dedikasi

Teknologi Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Di Desa Majannang

Muh. Kafrawi Yunus (Universitas Bosowa)
Muh. Saleh Pallu (Universitas Hasanuddin)
Sri Mulyani (Universitas Bosowa)
Mardiana Mardiana (Universitas Bosowa)
Sitti Warda Ningsi (Universitas Bosowa)
Hainun Putri Handayani (Universitas Bosowa)
Fahara Azza Azizah (Universitas Bosowa)
Dedi Hermawan (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Di era digital seperti sekarang ini, pemilik usaha dituntut agar dapat memasarkan produknya secara online agar mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Tuntutan zaman mengharuskan pemilik usaha agar cakap dalam menggunakan teknologi. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh PT. Bosowa Isuma di Desa Majannang adalah masalah pemasaran, dimana PT. Bosowa Isuma masih memasarkan produknya secara konvensional. PT. Bosowa Isuma memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi yang bersifat online dalam hal pemasaran, tentunya hal ini bertujuan untuk kemajuan usaha agar dapat bersaing dengan industri serupa dan meningkatkan laba perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menggambarakan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi melalui pelatihan teknologi digital marketing yang dilaksanakan melalui program Matching Fund Kedaireka yang merupakan kerjasama antara Universitas Bosowa Makassar dengan Kemendikbud Ristek dengan Mitra PT. Bosowa Isuma. Adapun metode yang yang digunakan dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi ini yaitu berupa pelatihan kepada tim pemasaran pada PT. Bosowa Isuma dan mahasiswa Universitas Bosowa. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan teknologi digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari PT. Bosowa Isuma dan peserta pelatihan pun sangat antusias, kegiatan pelatihan teknologi digital marketing dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu baru bagi peserta pelatihan. Selain itu, dengan dibuatkannya video marketing dan search engine optimization yang diharapkan dapat menunjang proses pemasaran digital pada PT. Bosowa Isuma.Kata kunci : Digital Marketing; Teknologi; PT. Bosowa Isuma

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...