Jurnal e-Komunikasi
Vol 10, No 2 (2022): VOL 10, NO 2 SEPTEMBER 2022

Pengaruh NCT DREAM Sebagai Celebrity Endorser Lemonilo Pada Brand Awareness Generasi Muda Pengguna TikTok di Indonesia

Jane Elisabeth Sutanto (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Lady Joanne Tjahyana (Unknown)
Chory Angela Wijayanti (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Online advertisement adalah strategi pemasaran terbaru dapat menghemat biaya dan memudahkan brand untuk mengontrol iklan tersebut serta memiliki efektivitas yang lebih tinggi daripada traditional advertisement. Online advertisement dapat dilakukan melalui media sosial. Iklan dalam media sosial dapat membantu peningkatan brand awareness. Dalam iklan juga dapat digunakan celebrity endorser. Celebrity endorser merupakan orang yang dikenal oleh khlayak umum atau paling tidak sasaran audiens dari brand yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh penggunaan NCT DREAM sebagai celebrity endorser terhadap brand awareness Lemonilo pada generasi muda pengguna TikTok di Indonesia. Untuk mengukur celebrity endorser, digunakan indikator PATER (popularity, attractiveness, trustworthiness, expertise dan relevance). Sedangkan untuk mengukur brand awareness digunakan indikator brand recall, brand recognition, brand purchase, dan brand consumption. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dan menggunakan online survey melalui Google Form, yang dibagikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, brand awareness terhadap Lemonilo sebesar 24.477 dan dapat dipengaruhi oleh variabel celebrity endorser NCT DREAM sebesar 0.366. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan NCT DREAM sebagai celebrity endroser cukup berpengaruh terhadap brand awareness Lemonilo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...