Jurnal e-Komunikasi
Vol 10, No 2 (2022): VOL 10, NO 2 SEPTEMBER 2022

Efektivitas Iklan Shopee COD Di Youtube Pada Pengguna Shopee Indonesia

Grace Layrensius (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Fanny Lesmana (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Lady Joanne Tjahyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Perkembangan zaman membuat manusia semakin dihadapkan dengan era digital, dimana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Salah satu dampak yang terjadi adalah meningkatnya angka penggunaan internet, salah satunya untuk berbelanja secara online. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia dan menjadi top of mind brand di antara beberapa e-commerce lainnya pada tahun 2021. Bersaing dengan beberapa e-commerce lainnya membuat Shopee memerlukan strategi komunikasi yang baik untuk mempertahankan predikatnya. Salah satu strategi yang dilakukan Shopee yaitu membuat iklan untuk mengkomunikasikan metode pembayaran cash on delivery melalui Youtube. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah iklan Shopee COD di Youtube efektif pada pengguna Shopee yang berada di Indonesia, melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan purposive sampling. Efektivitas iklan dalam penelitian ini diukur menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Dari hasil penelitian menggunakan metode CRI dapat diketahui bahwa iklan Shopee COD pada Youtube sudah efektif. Seluruh tahapan pada CRI (awareness, comprehend, interest, intentions, dan action) mendapatkan angka di atas rentang interval yang sudah ditetapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...