Student Journal of Guidance and Counseling
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1 (Oktober 2022)

Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Regita Yuliawati (mahasiswa)
Rena Madina (Univarsitas Negeri Gorontalo)
Murhima A. Kau (Univarsitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan belajar siswa di masa pandemic Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang setelah dilakukan perhitungan didapatkan jumlah sampel penelitian adalah 135 siswa yang bersedia menjadi responden. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan tentang faktor-faktor kesulitan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo dapat disimpulkan bahwa masing-masing faktor kesulitan belajar siswa persentasenya adalah untuk faktor eksternal (faktor keluarga 73% kategori sedang, faktor sekolah 73% kategori sedang, faktor media massa 69% kategori sedang) dan persentase faktor internal (faktor fisiologis 75% kategori sedang dan psikologis 70% kategori sedang). Abstract This study aims to determine the factors causing student learning difficulties during the Covid-19 pandemic This research is a quantitative descriptive study that describes the factors of student learning difficulties during the Covid-19 pandemic in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Gorontalo City. The population in this study was class XII students who after calculations obtained the number of research samples was 135 students who were willing to be respondents. Based on the results of research obtained on the factors of student learning difficulties in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Gorontalo City, it can be concluded that each of the factors of student learning difficulties is for external factors (family factors 73% moderate category, school factors 73% moderate category, mass media factors 69% medium category) and percentage internal factors (physiological factors 75% moderate category and psychological 70% medium category).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sjgc

Publisher

Subject

Education

Description

Student Journal of Giudance and Counseling; Menerbitkan naskah asli yang berkaitan dengan hal-hal berikut: Konseling Sekolah, Psikologi Konseling, Konseling Karir, Konseling Keluarga dan Konseling Pranikah, Kesehatan Mental, Konseling Supervisi, Pengembangan Teori, Kode Etik Profesi Konselor, Isu ...