Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan Model Project Based Learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk; (2) Mendeskripsikan proses membentuk karakter integritas peserta didik melalui Model Project Based Learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk; (3) Menganalisis kendala dan solusi dalam membentuk karakter integritas siswa SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk melalui Model belajar Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk dengan waktu penelitian selama 3 bulan. Sumber data primer yaitu dari Kepala Sekolah, Guru PPkn, dan 5 Peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan data diuji keabsahan datanya dengan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil yang diperoleh (1) Penerapan model project based learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk mendapat hasil yang terlihat pembelajaran di kelas; (2) Penerapan model project based learning di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk membentuk karakter integritas dilihat dari tanggung jawab dan kejujuran siswa dalam mengerjakan projek dari guru; (3) Kendala yang di hadapi pembelajaran daring pada saat pengerjaan proyek, peserta didik yang mengalami kesusahan sinyal dengan solusi guru mengganti pada hari lain.
Copyrights © 2022