JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 2 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)

Siti Chairunnisa (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Andi Juanna (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Yulinda L. Ismail (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar 1) kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen, 2) harga berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen, 3) harga dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 66 responden. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 2.958 ttabel 1. 669, 2) harga berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 5.017 ttabel 1.669, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan Fhitung 52.873 Ftabel 3.14 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kepercayaan konsumen dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli fashion secara online pada. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 62,7% dikategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa 3) kepercayaan konsumen dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli fashion secara online pada   sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel promosi, kualitas informasi, kualitas produk, dan kualitas layanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...