AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 6 No 2 (2022): September

METODE MUHADATSAH SEBAGAI PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Nuril Mufidah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Afidatul Aabawaini Fitriana (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Pondok pesantren ini menggunakan acuan berupa buku bahasa arab kurikulum 13. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui metode pembelajaran maharah kalam (2) Mengetahui evaluasi pembelajaran maharam kalam (3) mengetahui respon santri MBI Amanatul Ummah Pacet dalam pembelajaran maharah kalam mengggunakan metode muhadatsah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengupas bagaimana metode pembelajaran maharah kalam menggunakan metode muhadatsah dengan mengambil sumber data dari observasi belajar-mengajar dan melakukan wawancara dengan guru maharah kalam dan santri kelas 11 tahun ajaran 2021-2022 MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode pembelajaran maharah kalam menggunakan metode muhadatsah yaitu dengan menambah beberapa mufrodat, praktek misalnya latihan berbincang-bincang secara berulang-ulang dan pengucapan serta intonasi oleh pengajar. (2) evaluasi dari pembelajaran maharah kalam adalah melakukan tes bahasa Arab seperti TOAFL untuk mengukur hasil kemampuan atau capaian pembelajaran santri (3) respon para santri MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dalam pembelajaran maharah kalam yaitu semangat untuk memahami dan menguasai pembelajaran maharah maharah kalam agar santri MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto mampu menguasai bahasa arab sesuai kurikulum Departemen agama dan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dengan fashih dalam kesehariannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...