Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 4 (2022): JPMI - Agustus 2022

Pengelolaan Kebersihan Pesisir Laut Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Kecamatan Watubangga

Syakila Syakila (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Rasnawati Rasnawati (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Miftahuddin Miftahuddin (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Awaluddin Awaluddin (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Selfidani Selfidani (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Luluk Magfirah Ramadani (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Nur Wakiya (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Muh. Rizki Risaldi (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Andi Andi (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Kartomo Kartomo (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)
Muhammad Syaiful (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Dibalik pesona keindahannya, pantai kalomang dan pantai kembar masih menghadapi masalah terkait sampah yang berserakan di laut dan sampah dari masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode observasi. Adapun yang dimaksud dengan metode observasi adalah cara mengumpulkan informasi dan data yang relevan dengan mengamati. Metode pelaksanaan dilakukan dengan terjun langsung di sekitaran pantai untuk melakukan pembersihan. Kegiatan bakti sosial pada minggu, 05 juni 2022 bertempat di pantai kalomang dan pantai kembar. Beberapa tim pengabdi dan petugas kebersihan pantai yang melibatkan untuk melakukan kegiatan ini. Sebelum memulai pengabdian, dilakukan survey lokasi dan kebutuhan pengabdian. Sebagian besar sampah yang ditemukan berupa jenis sampah plastik. Setiap jenis plastik ini memiliki sifat tertentu, seperti densitas. Ini membuat sampah plastik bisa berserakan di laut, misalnya permukaan dan tentu saja ke laut dalam. Pelaksanaan pelayanan tim terlibat dalam pekerjaan suka rela dimasyarakat. Program ini juga diharapkan meningkatkan pengetahuan masyarakat ataupun pengunjung tentang kebersihan lingkungan pesisir laut sehingga memungkinkan mereka untuk memperhatikan dan merawat lingkungan pesisir dan laut mereka. Saran selanjutnya agar sosialisai terkait kebersihan laut perlu dilakukan lebih luas lagi sehingga masyarakat semakin sadar untuk ikut serta terlibat dalam menjaga pesisir dan laut kita bersama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...