JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA (ABDIMANDALIKA)
Vol. 3 No. 1 (2022): Juni

MEMASYARAKATKAN OLAHRAGA PETANQUE DI TINGKAT PELAJAR SMP KOTA MATARAM

Fadli Zainuddin, Putra Muhammad Yusuf, Johan Irmansyah, Isyani (Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM), Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Belum memasyarakatnya olahraga petanque di NTB menjadi problem tersendiri di tengah semangat untuk mempopulerkan olahraga tersebut. Selama ini, petanque cenderung dikenal ditingkat perguruan tinggi. Oleh sebab itu, pengabdian ini memiliki tujuan untuk memasyarakatkan olahraga petanque pada pelajar di tingkat SMP yang ada di Kota mataram. Metode pengabdian yang dilakukan meliputi dua tahapan, yaitu tahap pendidikan dan tahap latihan. Terdapat dua sekolah yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, yaitu SMPN 13 dan SMPN 17. Data dalam kegiatan pengabdian diambil melalui observasi dan wawancara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta kegiatan pengabdian yang terdiri dari siswa SMPN 13 dan SMPN 17 merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan. Selama proses kegiatan pengabdian, peserta tampak antusias mengikuti rangkain kegiatan yang dikakukan, mulai dari tahap pendidikan maupun tahap latihan bermain. Selain itu, peserta pengabdian menjadi tahu cara bermain petanque dan dapat memainkan olahraga tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimandalika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat khusus tentang Pengabdian kepada Masyarakat baik yang bersekala internasional, nasional, regional, dan lokal. Terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan ...