Journal of Tropical Chemistry Research and Education
Vol 4 No 2 (2022)

Pengembangan Mobile Learning “Fun With Chemistry” Berbasis Android Pada Materi Kesetimbangan

Dian Ayu Puspitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk mobile learning serta mengetahui kelayakan berdasarkan hasil penilaian guru kimia SMA/MA dan respon dari siswa kelas XII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk berupa mobile learning ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media berupa kritik dan masukan saja. Kritik dan masukan dari para dosen ahli dijadikan sebagai acuan revisi produk. Penilaian produk dilakukan oleh tiga guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 15 siswa yang memiliki android. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penilaian dari tiga guru kimia SMA/MA diperoleh persentase keidealan sebesar 77,61% dengan kategori Baik dan respon positif yang ditunjukan lima belas siswa dengan persentase keidealan sebesar 87,78% sehingga produk yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtcre

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, ...