Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 2 (2022)

PROFIL AWAL KEMAMPUAN PCK (PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) DAN KOGNITIF CALON GURU PADA PEMBELAJARAN FISIKA MODERN

Diah Mulhayatiah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Parlindungan Sinaga (Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Dadi Rusdiana (Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.)
Ida Kaniawati (Program Studi Pendidikan IPA PascaSarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Ovi Oktapiyani (Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Guru adalah komponen paling penting dalam pembelajaran. Sehingga seorang guru dituntut mempunyai kemampuan pedagogik dan menguasai materi (content). Kedua kemampuan tersebut sering dipadukan menjadi pengetahuan baru yang disebut Pedagogical Content Knowledge (PCK). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profil awal kemampuan PCK dan kognitf mahasiswa calon guru Fisika. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan instrument test pilihan ganda untuk menganalisis serta mendeskripsikan profil awal kemampuan PCK dan kognitif calon guru fisika pada pembelajaran fisika modern. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Semester genap 2022/2023 yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam beberapa indikator, pengetahuan pedagogi mahasiswa calon guru masih lemah dan perlu adanya peningkatan khususnya dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Terkait pengetahuan konten fisika modern, mahasiswa masih banyak mengalami miskonsepsi yang ditunjukan dari nilai rata-rata indikator hampir semua rendah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...