Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Pemanfaatan Syair Kalindaqdaq Masaala dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Majene, Sulawesi Barat

Okky Naomi Sahupala (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene)
Abdul Mubarak (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Kalindaqdaq Masaala (agama) merupakan syair yang berisikan ajaran-ajaran agama Islam. Kalindaqdaq masaala sebagai kearifan lokal masyarakat Mandar sangat penting untuk diperkenalkan pada generasi penerus utamanya dari kalangan terdidik, nilai- nilai yang terkandung dalam setiap syair. Dalam penelitian ini mengkaji syair-syair Kalindaqdaq Masaala untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed method, dimana untuk pendekatan kualitatif melalui wawancara kepada budayawan dan menggunakan studi literatur. Setelah itu, hasil tersebut kemudian disusun dalam RPP dan diaplikasikan langsung pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Majene kelas VIII pada materi menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran. Pemanfaatan Kalindaqdaq Masaala sebagai bahan ajar PAI di SMP Negeri 1 Majene dinilai cukup efektif di dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan ini dilakukan sebagai bahan ajar yang bersifat inovatif didalam memanfaatkan unsur lokalitas atau kearifan lokal yaitu Kalindaqdaq Masaala.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...