Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 3, No 3 (2022)

Meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran Self-Directed Learning (SDL)

Salahuddin Salahuddin (Unknown)
Dedi Sastradika (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Fakultas Tarbiyah dan keguruan Jambi, Indonesia)
Boby Yasman Purnama (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Fakultas Tarbiyah dan keguruan Jambi, Indonesia)
Susy Pransiska (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Fakultas Tarbiyah dan keguruan Jambi, Indonesia)
Syah Putri Ramadani (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Fakultas Tarbiyah dan keguruan Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Pembelajaran Fisika mengalami banyak masalah karena sifat materinya yang kompleks sehingga sulit dalam melatih kemandirian siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran Self-directed learning (SDL) dalam membangun kemandirian belajar untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.  Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pre-posttest control group design, dengan melibatkan 53 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelompok.  Kelompok eksperimen diberi penerapan pembelajaran SDL dan kontrol dengan konvensional. 16 item instrumen pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji-tα=0,05  diperoleh nilai sig. sebesar 0,001. Hasil ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran SDL terhadap ketercapaian hasil belajar siswa. SDL dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan hasil belajar fisika dan dapat melatih kemandirian belajar siswa dalam membangun pemahaman konsep fisika pada materi Gerak Melingkar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...