Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 3, No 3 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur

Mulia Sinta (Universitas Malikussaleh)
Halimatus Sakdiah (Universitas Malikussaleh)
Nanda Novita (Universitas Malikussaleh)
Fajrul Wahdi Ginting (Universitas Malikussaleh)
Syafrizal Syafrizal (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Project Based Learning (PjBL) merupakah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam merancang ataupun membuat proyek yang berguna untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan inovatif serta menekankan belajar kontekstual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ketika diterapkan model PjBL. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan penelitian kuantitatif dengan model nonequivalent control gruop design Pretest Posttest dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-I berjumalah 30 orang sebagai kelas kontrol dan X-3  berjumlah 19 orang sebagai  kelas eksperimen MAS Jabal Nur, kelas eksperimen dalam perlakuan menggunakan penerapan pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata yaitu 73,84 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 63,20, kemudian uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 2 tailed  0,00 < 0,05. Hasil observasi menunjukkan bahwa aspek kemampuan berpikir kratif siswa yaitu elaboratif mencapai 92% dan diperoleh N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang karena siswa mampu membut strategi yang rinci dalam menyelesaikan proyek sesuai timeline, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum gravitasi Newton dengan penerapan model PjBL.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...