Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education
Vol 6 No 02 (2022): ijecie

PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU PAUD

Hajriana Islamyati (UIN Raden Fatah Palembang)
Leny Leny (Unknown)
Lidia Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari disiplin guru terhadap kinerja guru di PAUD Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survey. Adapun cara pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 30 guru. Hipotesisi penelitian ini adalah disiplin guru memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru PAUD Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Untuk mengukur kinerja guru (Y) dan disiplin guru (X) penulis menyebarkan kuesioner kepada guru-guru PAUD sehingga diperoleh data deskriftif kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh yaitu adanya pengaruh yang positif antara variabel X dan variabel Y dibuktikan dengan persamaan Ŷ=2,739+1,299X. Kekuatan antara variabel X dan variabel Y ini sangat kuat dilihat dari hasil determinasi sebanyak 0.990 yang berarti pengaruh antara keduanya yaitu sebesar 99% sedangkan 1% nya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan uji hipotesis yang diperoleh yaitu thitung (37,153) > ttabel (2,045). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa semakin baik disiplin yang diterapkan maka akan membuat kinerja semakin baik pula, sebaliknya jika disuatu lembaga tidak ada kedisiplinan maka kinerja guru dilembaga tersebut akan terlihat sedikit juga. Kata Kunci: Disiplin, Kinerja dan Guru Abstract This study aims to determine whether there is a significant influence of teacher discipline on teacher performance in PAUD Tiga Dihaji District, Ogan Komering Ulu Selatan Regency. Type of quantitative research and use survey method. The data collection.ction method consist of a questionnaire and documentation. The sampel used 30 teachers. The purpose of this study is to see if there is a significant influence between disciplines on teachers performance in the Tiga Dihaji district. As for the results obtained, namely the existence of a positive influence between the variable X and variable Y as evidenced by the equation Ŷ=2,739+1,299X. the strength between the variable X and variable Y is very strong seen from the results of determination as much as 0.990 which means the influence between the two is equal to 99% while 1% is influenced by other factors. While the hypothesis test obtained is thitung (37,153) > ttabel (2,045). So it can be concluded that the better the discipline applied, the better the performance will be on the other hand if there is no discipline in a institution, the teacher’s performance in the institution will look a little too. Keywords: Discipline, Performance and Teacher

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijecie

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE) invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Early Childhood Education, Nurturing, and Parenting which covers textual and fieldwork ...