Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Vol 4, No 2 (2022)

Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan PISA Level 4

Muji Suwarno (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Riska Ayu Ardani (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari permasalahan matematika PISA level 4. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian siswa kelas VII-A SMP Integral Ar-Rohmah sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah 3 soal masalah matematika pisa level 4. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika S1 dapat menguasai kemampuan koneksi, kemampuan reproduksi dan kemampuan refleksi. Sedangkan kemampuan literasi matematika S2 adalah tidak menguasai kemampuan koneksi, kemampuan reproduksi ataupun kemampuan refleksi dikarenakan S2 mengalami kesalahan konsep, test taking errors dan misread-directions errors.Kata Kunci: PISA, literasi matematika, matematika PISA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

square

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian ...