UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia. Di era serba digital para pelaku UMKM mengalami kesulitan yang biasanya terjadi pada internal pelaku usaha tersebut. Permasalahan yang terjadi di Kelurahan Sukapura yaitu kurangnya pemahaman mengenai pemasaran produk secara digital untuk memperluas dalam mempromosikan produk agar menarik daya beli masyarakat. Selain itu rendahnya pemahaman mengenai manajemen keuangan seperti membuat laporan keuangan untuk UMKM. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan alih teknologi pemasaran serta alih teknologi pembukuan. Tujuan kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan produktivitas mitra menjadi lebih efektif dan efisien melalui, peningkatan penggunaan digital marketing dalam proses pemasaran serta pembukuan. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami sasaran yang dapat dilakukan yaitu memberikan penerapan mengenai digital marketing melalui media sosial, dan marketplace. Selain itu, memberikan pelatihan tentang manajemen keuangan seperti laporan keuangan melalui website laporan keuangan dari Kementrian Koperasi Republik Indonesia dan Aposerba. Dengan adanya program pelatihan digital marketing dan manajemen pelaporan keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas UMKM baik dalam pemasarannya maupun pelaporan keuangan. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah UMKM jauh lebih berkembang dengan mengikuti kemajuan zaman yaitu menjual produknya melalui digital marketing dan dapat membuat laporan keuangan dengan baik dan benar.
Copyrights © 2022