JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA

PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONEKTIVISME GEORGE SIEMENS

Andy Ariyanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah paradigma kehidupan manusia, termasuk pendidikan dimana sebelumnya pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran dengan jarak jauh atau sering disebut pembelajaran dalam jaringan (daring). Strategi pendidikan karakter yang dilakukan pada pembelajaran daring adalah dengan multiple intelligences berbasis portofolio. Siswa membentuk pengetahuannya sendiri dengan mengidentifikasi dan mengungkapkan gagasan dan pandangan mereka melalui tugas yang diberikan guru melalui video atau presentasi daring. Menggunakan kerangka berfikir yang telah dimilikinya untuk menyelesaikan konsep dan ide-ide baru sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pembelajaran dengan 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan) siswa menjadi lebih aktif dan guru lebih inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran.Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, melainkan siswa harus aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Siswa belajar dengan menyimak video pembelajaran dan buku pegangan sehingga mereka lebih aktif dan kreatif untuk dapat memahami materi maupun mencari sumber informasi melalui jaringan internet. Siswa memiliki kebebasan dalam belajar sebelum batas alokasi waktu berakhir. Ini juga melatih kedisiplinan siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Perspektif konektivisme

Copyrights © 2022