KEMBARA
Vol. 8 No. 2 (2022): Oktober

Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Ilmatus Sa'diyah (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Bahasa Indonesia telah dipelajari selama bertahun-tahun di Indonesia. Namun demikian, masih ditemukan kesalahan dalam tulisan baik selama menulis maupun setelah menulis. Kesalahan itu pun banyak ditemukan dalam tulisan peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kesalahan itu perlu dianalisis untuk membantu peserta pelatihan meningkatkan keterampilan menulisnya karena keterampilan menulis merupakan bentuk keterampilan yang paling sulit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan yang ada pada tulisan bahasa Indonesia peserta pelatihan menulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data yang dianalisis adalah kesalahan pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi lalu dianalisis dengan tahapan analisis kesalahan berbahasa oleh Ellis dan Sidhar. Sumber data dari kesalahan itu adalah naskah esai motivasi yang ditulis oleh delapan belas peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh LPDP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh peserta pelatihan adalah kesalahan penggunaan konjungsi pada tataran sintaksis, yaitu sebesar 67%. Pada aspek morfologi, bentuk kesalahan yang dilakukan oleh peserta berupa penggunaan diksi dan penulisan afiks. Sementara itu, pada aspek kesalahan ejaan, peserta pelatihan menulis lebih banyak melakukan kesalahan pada aspek penulisan unsur serapan (36%). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan bagi penyelenggara program pelatihan menulis dalam penyusunan modul, strategi, metode, dan media pelatihan menulis. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan sumbangsih bagi keberhasilan pelaksanaan pelatihan menulis pada aspek tata bahasa dan struktur kalimat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...