Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 2 No. 3 (2022): Article Research Volume 2 Issue 3, November 2022

Etika Bisnis Islam: Dapat Direalisasikan atau Hanya Sebatas Teori ?

Khalishah Ulfah (Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar)
Muryani Arsal (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Abstrak: Latar belakang: Etika bisnis Islam merupakan faktor fundamental yang mengatur mengenai moral dan tindakan yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadis yang harus dilakukan dalam berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek etika bisnis Islam dalam aktivitas bisnis apakah dapat diterapkan atau hanya pada tataran teori saja Metode: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, dan data dikumpulkan dengan menelusuri dokumen dan hasil penelitian terdahulu mengenai praktek dan implementasi etika bisnis Islam dalam kegiatan bisnis. Hasil: Hasil penelitian mendapati pada umumnya perilaku yang digunakan berbisnis belum sesuai dengan etika bisnis Islam, terlebih lagi sangat jauh dari perilaku yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam berbisnis. Kesimpulan: Etika bisnis Islam belum dapat diterapkan dalam praktek berbisnis, meskipun pelaku bisnis mengetahui dan faham tetapi orientasinya masih bertujuan untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan cara yang menyimpang dari etika bisnis Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...