Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 18, No 2 (2022)

Analisis Keausan Alumunium Menggunakan Tribotester Pin On Disc dengan Variasi Kecepatan dan Pelumas

Fajar Ahmad Shobrowi (Unknown)
Aan Burhanudin (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto , Semarang.)
Hisyam Ma’mun (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto , Semarang.)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Pin-on-disc merupakan salah satu dari Tribotester yang nantinya digunakan sebagai alat uji suatu materi untuk mengetahui prediksi dan kejutan. Pin-on-disc terdiri dari pin yang berupa bola yang terbuat dari material tertentu dan disc yang juga dapat divariasikan jenis materialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kondisi pelumasan pada bahan keausan aluminium. Pin diuji dengan menggunakan pelumas SAE 40 dan SAE 140. Faktor keausan terbesar dalam penelitian yang telah dilakukan, terjadi pada pengujian dengan menggunakan pelumas SAE 40 sebesar 0,00121 m 3 /Nm diikuti dengan pengujian menggunakan pelumas SAE 140 sebesar 0,00131 m 3 /NmKata kunci : Pin-on-disc , variasi pelumasan, keausan alumunium.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...